kurniawan, Dino (2021) Implementasi Metode Qiraati Dalam pembelajaran Membaca Al-Quran Di SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI DINOK.pdf Download (849kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: implementasi, Metode Qiraati,Pembelajaran Membaca Al-Quran Penelitian ini mengkaji tentang implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran membaca al-quran di SDIT Al-Hasanah. Hal tersebut menjadi pokok masalah dalam penelitian ini. Selanjutnya, melalui penelitian ini dapat diuraikan mengenai penerapan metode Qiraati di SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode Membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Qiraati, Penerapan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiraati, dan faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiraati.Metode penelitian kualitatif dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan guna memproleh data yang diperlukan, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dari penelitian ini Kepalah sekolah, 59 Guru Qiraati, dan 121 siswa kelas 5 SDIT Al-Hasanah kota bengkulu.Hasil penelitian di SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu bahwa Metode Qiraati adalah suatu metode kontemporer oleh KH. Dahlan Salim Zarkasyi dengan menggunakan buku Jilid Qiraati tanpa mengeja yaitu membaca dengan lancar, cepat, tepat, dan benar. Penerapan metode SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu sudah dikatakan baik Faktor pendukung dari kegiatan pembelajaran membaca al-Qur’an di SDIT Al-Hasanah adalah kemampuan membaca al-Quran guru yang baik, Sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan yang medukung serta kemampuan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya kekurangan guru, kemampuan siswa dan kurangnya motivasi orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 03:59 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 03:59 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6423 |
Actions (login required)
View Item |