Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Pengganti Guru Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Siswa Kelas V Min 1 Kota Bengkulu)

Sari, Gusnitika Helga (2021) Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Pengganti Guru Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Siswa Kelas V Min 1 Kota Bengkulu). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi helga Gusnitika sari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Orang Tua selaku orang yang diberi amanah oleh Allah swt. dalam mendidik anak-anaknya, memiliki peran dan tanggung jawab yang besar untuk mendidik anakanaknya. Pembelajaran akidah akhlak adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani allah swt dan merealisasikannya dalam prilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Penyakitit virus corona (covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang bari-baru ini ini muncul di kota Bengkulu. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran orang tua sebagai pendidik pengganti guru dalam mata pelajaran akidah akhlak di era pandemi covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif denagn pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Setelah penulis mengadakan analisis tentang peran orang tua sebagai pendididik pengganti guru dalam mata pelajaran akidah akhlak di era pandemi covid-19 (studi deskriptif siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu), maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Peran orang tua sebagai pendidik pengganti guru yaitu orang tua dapat berperan sebagai: 1. Pendidik, 2.Motivator, 3.Fasilitator, 4.Pembimbing. Adapun faktor pendukung dan penghambat orang tua sebagai pendidik pengganti guru di era pandemi covid-19, faktor pendukung peran orang tua sebagai pendidik pengganti guru dalam mata pelajaran akidah akhlak yaitu : perhatian orang tua dan fasilitas yang diberikan. Sedangkan faktor penghambat peran orang tua sebagai pendidik pengganti guru dalam mata pelajaran akidah akhlak yaitu: pendidikan orang tua yang belum mantap dan faktor dalam diri anak. Kata kunci: Peran Orang tua, Pembelajaran akidah akhlak. Covid -19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:00
Last Modified: 20 Sep 2021 04:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item