Suryani, Heni (2021) PENGARUH PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 6 BENGKULU TENGAH. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI HENI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Program Full Day School Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menguji ada tidaknya pengaruh Program Full Day School Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pendekatan pada penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan Asosiatif dengan menggunakan perhitungan statistik yang digunakan untuk menguji variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah sebanyak 231 siswa. Jumlah sampel 57 siswa dan teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini penulis menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa program full day school berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah dengan persamaan regresi linear sederhana yaitu Y= 43,08 + 5,29 X maka terdapat pengaruh sebesar 0,78 yang artinya Ha diterima (terdapat pengaruh program full day school terhadap prestasi belajar IPS siswa) dengan kontribusi (sumbangan) sebesar 60,84% sedangkan 39,16% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Program Full Day School, Prestasi Belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 04:14 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6516 |
Actions (login required)
View Item |