Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Selama Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Talang Beringin)

Lopita, Kiki (2021) Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Selama Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Talang Beringin). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
KIKI LOPITA_BAB I-V.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Peran Orang Tua, Kreativitas, Pandemi Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang dilakukan di rumah saat ini kebanyakan orang tua hanya mengandalkan pendidikan di PAUD tanpa mengontrol perkembangan anak di rumah. Maka hasilnya orang tua kurang memberikan pengawasan belajar kepada anak terlebih kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di lingkungan keluarga. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran orang tua dalam dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini selama belajar di rumah pada masa pandemi covid-19 di Desa Talang Beringin? 2) Apa saja hambatan orang tua dalam dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini selama belajar di rumah pada masa pandemi covid-19 di Desa Talang Beringin? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Pertama, dengan memberikan waktu dan ruang yang seluas-luasnya kepada anak untuk mengerjakan tugas pelajarannya. Begitupun ketika anak telah mengerjakan tugas-tugas belajarnya, mereka akan diberikan kebebasan untuk mengisi waktu kosongnya dengan bermain. Kedua, para orang tua menciptakan lingkungan rumah yang nyaman bagi anak, menjadi pembimbing bagi anak, dan menyiapkan segala keperluan dan kebutuhan yang dapat menunjang belajar anak selama di rumah. Ketiga, orang tua aktif memantau perkembangan anak. Keempat adalah dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain. Dengan syarat bahwa permainan yang dilakukan dapat menstimulus perkembangan bakat dan kreativitas anak. 2) Hambatan orang tua dalam dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini selama belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19 di Desa Talang Beringin. Kendala pengembangan belajar serta pengembangan kreativitas anak antara lain: Pembelajaran dari rumah tentunya menghadapi tantangan dan hambatan, baik itu kepada anak, terlebih kepada orang tua. Tantangan kepada anak tentunya akan sangat mudah dihinggapi perasaan bosan, dan jenuh akibat suasana rumah dan akibat akses jaringan yang kurang bagus dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah. Tidak semua orang tua siap dengan model pembelajaran dari rumah (daring/online). Banyak faktor yang menjadikan orang tua tidak sepenuhnya siap dengan model pembelajaran dari rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:22
Last Modified: 20 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View Item View Item