Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD IT se-Kabupaten Seluma

Sugiarto, - (2021) Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD IT se-Kabupaten Seluma. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS SUGIARTO LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Ditinjau dari segi tempat, penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sebab penelitian ini di dasarkan atas data-data yang dikumpulkan dari lapangan secara secara langsung yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan dalam penelitian. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan manajemen komunikasi kepala sekolah dapat mempengaruhi kinerja guru SD IT se-Kabupaten Seluma. Teknik pengumpulan data pada penelitian tesis ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode triangulasi data, dengan mengecek kebenaran data atau informasi yang diperoleh peneliti dari sudut pandang yang berbeda, yaitu melalui pengamatan terhadap aktifitas di sekolah, diskusi dengan praktisi JSIT dan studi kepustakaan menggunakan buku-buku terkait. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah SD IT se-Kabupaten Seluma, (a) perencanaan dengan menyiapkan materi/pesan secara matang dengan melakukan koordinasi kepada wakil kepala sekolah dan survei lapangan; (b) pengorganisasian dengan memilih siapa komunikan/penerima tanggungjawab; (c) aktualisasi dengan melakukan pengawasan atas pelaksanaan pesan/materi/tanggungjawab yang diberikan; (d) melakukan kontrol agar kepala sekolah bisa memperoleh gambaran untuk membuat kebijakan selanjutnya. 2) Wujud Kinerja Guru SD IT SD IT se-Kabupaten Seluma, Merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, membina hubungan baik dengan peserta didik, memiliki kompetensi kesalihan sosial. 3) Faktor pendukung dan penghambat kinerja guru SD IT se-Kabupaten Seluma, bahwa faktor pendukung kinerja guru SD IT se-Kabupaten seluma adalah: (a) Kompetensi guru yang mengajar minimal lulusan S1; (b) Motivasi kerja; (c) Penerapan sangsi disiplin; (d) Fasilitas sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: kedisiplinan guru, honorarium yang belum cukup untuk mensejahterakan guru, kurangnya pemanfaatan teknologi bagi humas sekolah dalam menyebar luaskan info tentang sekolah dalam rangka menarik minat peserta didik, guru-guru yang belum tersertifikasi, serta pemenuhan akan kompetensi profesional dan spiritual yang tidak dilaksanakan secara rutin oleh semua SD IT se-Kabupaten Seluma. 4) Solusi dalam menghadapi hambatan yang terjadi, diantara solusi yang dilakukan dalam menghadapi hambatan yang terjadi dengan menjaga spiritual, ruhiyah dan kompetensi profesional melalui pelatihan dan diklat. Kata Kunci: SD IT, Manajemen Komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 20 Sep 2021 08:10
Last Modified: 20 Sep 2021 08:10
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item View Item