Lubis, Bachtra Dona (2021) STRATEGI PENCEGAHAN PAHAM RADIKALISME (Studi Kasus Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan). Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
TESIS BACHTRA DONA LUBIS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi yang ditempuh dalam mencegah paham radikalisme di Pondok Pesantren (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mencegah paham radikalisme di Pondok Pesantren. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, lokasi di Pondok Pesantren makrifatul ilmi Bengkulu selatan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi peneliti. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, mendisplay data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga strategi yang dilaksanakan dalam mencegah paham radikalisme di pondok pesantren makrifatul ilmi yaitu: (1) menggunakan fungsi religius agar terbentuknya santri yang memahami ayat al-Qur‟an secara mendalam dan tidak dangkal (2) menggunakan Fungsi edukasi yakni memupuk jiwa nasionalisme seperti rasa cinta tanah air, membangun budaya sosial yang bertoleransi dan menghargai perbedaan (3) menggunakan fungsi sosial dengan cara santri dibekali dengan kegiatan sosial yang berhubungan dengan masyarakat sehingga dapat mendekatkan hubungan yang baik antara santri dengan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pencegahan, Paham Radikalisme, Pondok Pesantren |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 02:40 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 02:40 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6848 |
Actions (login required)
View Item |