PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA PONDOK PESANTREN ABDUR ROHMAN BUNGAMAS KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN

Santika, Diska (2021) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA PONDOK PESANTREN ABDUR ROHMAN BUNGAMAS KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DISKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Variasi mengajar merupakan selingan atau pergantian yang dapat berwujud perubahan-perubahan yang sengaja diciptakan dalam proses belajar mengajar untuk mengatasi kebosanan. Variasi secara garis besar dikelompokkan menjadi tiga kelompok antara lain; variasi gaya mengajar guru, variasi dalam pola interaksi guru dengan siswa, dan variasi dalam media dan alat pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti hanya meneliti variasi gaya mengajar guru saja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif assosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: 1. Observasi. 2. Angket, 3. Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian di atas tentang pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Pondok Pesantren Abdur Rohman Bungamas Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variasi gaya mengajar guru Dalam Meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini diketahui bahwa = 5,699 sedangkan sebesar 2,074 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil tersebut lebih besar daripada maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI dalam Meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Pondok Pesantren Abdur Rohman Bungamas Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Besarnya kontribusi variasi gaya mengajar guru Dalam Meningkatkan minat belajar siswa sebesar 58,5% sedangkan sisanya 41,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dilihat dari R square.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Variasi Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:41
Last Modified: 21 Sep 2021 02:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item View Item