Setia, Popi (2021) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 MUKOMUKO. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
COVER SKRIPSI POPI SETIA (1) (1).pdf Download (964kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 17 Mukomuko. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui apakah terdapat pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 17 Mukomuko. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIIIA (kelas ekperimen) berjumlah 20 orang dan kelas VIII B (kelas Kontrol) berjulmlah 20 orang. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 17 Mukomuko. Hal ini dapat dilihat dari thitung yang diperoleh adalah 2,44sedangkan ttabel=2,00 maka thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 17 Mukomuko dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Solving, Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 03:22 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 03:22 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6867 |
Actions (login required)
View Item |