ANALISIS MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA PONDOK PESANTREN HIDAYATUL QAMARIYAH DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN SANTRIWATI

Sanda, Nugrahesti Ika (2021) ANALISIS MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA PONDOK PESANTREN HIDAYATUL QAMARIYAH DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN SANTRIWATI. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL IKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah model pendidikan karakter meliputi strategi, metode dan evaluasi yang dikembangkan di Pondok Pesantren Hidayatul Qamariah dan apa saja faktor penghambat dalam pendidikan karakter pada siswa Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pendidikan karakter meliputi strategi, metode dan evaluasi yang dikembangkan di Pondok Pesantren Hidayatul Qamariah dan untuk mengetahui karakteristik kemandirian santri di Pondok Pesantren Hidayatul Qamariyah. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yang bersifat studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, didalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpresentasikan kondisi-kondisi yang sekarang ini terjadi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pendidikan karakter pada siswa Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah, model pendidikan karakter yang islami adalah program yang direncang untuk membentukan karakter atau sikap peserta didik yang islami agar menjadi lebih baik dan membiasakan mengguna dalam kehidupan sehari�hari. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter untuk peserta didik model yang diterapkan di Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah yaitu: Pertama: berilmu yakni untuk siswa bisa menguasai berbagai bidang terutama dalam bidang agama, kemudian dalam segi bahasa juga, karena sekolah juga menekankan untuk siswa bisa dalam empat bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Melayu, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Kedua: berdisiplin yakni sekolah mengusahakan untuk semua siswa bisa berperilaku mengikuti peraturan sekolah yaitu dalam segi kebersihan, kerapian pakaian, berbaris pagi, kedisplinan dalam kelas, sholat berjama’ah dan sebagainya, terutama dalam segi ibadah sholat berjama’ah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Model Pendidikn Karakter, Kemandirian Santri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:25
Last Modified: 21 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6891

Actions (login required)

View Item View Item