RAHAYU, WIJI (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL TANJUNG KEMUNING KECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR DALAM MEMPRAKTIKKAN ETIKA BISNIS ISLAM. Other thesis, UIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI WIJI RAHAYU NIM. 1611130085.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Tanjung Kemuning Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur dalam Mempraktikkan Etika Bisnis Islam Oleh Wiji Rahayu, NIM. 1611130085 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku pedagang dipasar tradisional tanjung kemuning kecamatan tanjung kemuning kabupaten kaur dalam mempraktikkan etika bisnis Islam. Faktor-faktor tersebut terdiri dari tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan.Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada pedagang pasar tanjung kemuning sebanyak 75 (tujuh puluh lima) kuesioner. Kuesioner yang terkumpul sejumlah 75 (tujuh puluh lima) kuesioner.teknik analisis data regresi linier berganda menggunakan bantuan SPSS versi 24.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tauhid berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dalam mempraktikkan Etika Bisnis Islam dengan nilai (sig) 0,037 < 0,05 keseimbangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dalam mempraktikkan Etika Bisnis Islam dengan nilai (sig) 0,020 < 0,05 keseimbangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dalam mempraktikkan Etika Bisnis Islam dengan nilai (sig) 0,002 < 0,05 kehendak bebas berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dalam mempraktikkan Etika Bisnis Islam dengan nilai (sig) 0,085 < 0,05 tanggung jawab berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dalam mempraktikkan Etika Bisnis Islam dengan nilai (sig) 0,000 < 0,05 dan nilai koefesien determinasi 39% yang menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab memiliki pengaruh terhadap perilaku pedagang dipasar tradisional tanjung kemuning dalam mempraktikkan Etika Bisnis Islam sebesar sebesar 39%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel ini. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Tauhid, Keseimbangan, Kehendak Bebas, Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Tauhid, Keseimbangan, Kehendak Bebas, Tanggung Jawab. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 07:25 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 07:25 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6900 |
Actions (login required)
View Item |