KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN DARI RUMAH DI SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Gusriani, Wely (2021) KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN DARI RUMAH DI SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WELY GUSRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang merebak sejak Februari 2019 telah berdampak terhadap pelaksanaan pembelajaran di SD. Guru-guru SD harus mengajar dengan sistem pembelajaran dari rumah. Sukses atau tidaknya pelaksanaan belajar dari rumah di tentukan oleh kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Atas dasar ini, penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam pembelajaran dari rumah di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam pembelajaran dari rumah di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Guru SDN 66 Kota Bengkulu melaksanakan tugas dalam pembelajaran dari rumah tetap datang ke sekolah; Sebelum melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), guru terlebih dahulu mempersiapkan RPP daring dan menyiapkan materi pembelajaran; (2) Media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran dari rumah adalah Android melaui WA grup; (3) Dalam menciptakan intensitas komunikasi dengan siswa dirumah guru menggunakan aplikasi WA; (4) Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran dari rumah antara lain kurangnya kemampuan dalam penguasaan teknologi informasi dan telekomunikasi, faktor tersebut menjadi kendala guru sehingga guru harus menunggu dan bergabung dalam kelompok, agar guru dapat belajar dan menjadi mandiri; (5) Kendala yang dihadapi kinerja tenaga kependidikan adalah kesulitan mencari data siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran dari Rumah, Kinerja Guru.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:45
Last Modified: 22 Sep 2021 01:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6922

Actions (login required)

View Item View Item