Sari, Supiah (2021) STRATEGI GURU DALAM KEGIATAN MENDONGENG PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV A DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
SKRIPSI SUPIAH SARI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mendongeng pada mata pelajaran tematik kelas IV A di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV A MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu yang berjumlah 1 orang dan beberapa siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi guru merupakan unsur yang paling penting dalam proses pembelajaran. Deskripsi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan kegiatan mendongeng dengan baik dan menarik, sehingga memudahkannya untuk menerapkan nilai-nilai perilaku kepada siswa mengenai karakter yang baik yang dideskripsikan melalui karakter tokoh dalam cerita yang disampaikan. Teknik-teknik yang digunakan guru dalam mendongeng yakni: 1) diawali dengan doa, 2) posisi berdiri ditempat yang tepat, 3) suara harus lantang dan jelas, 4) penguasaan materi cerita, 5) penjiwaan, 6) gerakan tubuh, 7) gerakan mata, 8) tangan memengang media gambar, 9) tidak memutuskan cerita dengan teguran, 10) tidak tergesa-gesa, 11) harus menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti audiens, 12) Menyimpulkan cerita
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Mendongeng, Tematik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 01:59 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 01:59 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6925 |
Actions (login required)
View Item |