PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU

OKTIANA, HERLY (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
herly tesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU Penulis : HERLY OKTIANA NIM 1911540065 Pembimbing : 1. Dr. H. Zulkarnain S, M. Ag 2. Dr. Irwan Satria, M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video youtube terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 20 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa media video youtube ada pengaruh terhadap motivasi belajar. Data menunjukkan motivasi belajar kelas eksperimen rata-rata 74.47 meningkat menjadi 89.63 sedangkan pada kelas kontrol data menunjukkan motivasi belajar sebesar 74.87 menjadi 85.40. Dari data tersebut, uji sampel independen menunjukkan bahwa nilai sig 0,035<0,05 sehingga hipotesis alternatif pertama (Ha) diterima. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan ada pengaruh yang signifikan media video youtube terhadap hasil belajar dimana nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 62,17 menjadi 88,50 sedangkan pada kelas kontrol data menunjukkan hasil belajar adalah 50.17 menjadi 83.67. Dari data tersebut, uji sampel independen menunjukkan bahwa nilai sig 0,022<0,05 sehingga hipotesis alternatif kedua (Ha) diterima. Pada hipotesis ketiga (Ha) data menunjukkan bahwa media video youtube berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan uji simultan menggunakan MANOVA (Multivariat ANOVA) dengan sig 0,013<0,05. Oleh karena itu, alternatif hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Video Youtube, Motivasi belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:22
Last Modified: 22 Sep 2021 03:22
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item