PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Nurjanna, Ummi Atya (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI ATYA NRJNN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi selama pandemi covid-19, pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah untuk sementara di tiadakan, dan digantikan dengan sistem belajar di rumah atau melalui Daring/E-Learning. Pada prakteknya di lapangan penulis menjumpai beberapa kendala, diantaranya: beberapa siswa cukup kesulitan untuk menggunakan handphone android, karena tidak setiap siswa mampu membeli handphone android. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video dalam pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Tematik siswa kelas III SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut, maka peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, tingkat pengaruh penggunaan media video dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 16 Kota Bengkulu berpengaruh posistif pada α= 5% atau (confidence interval sebesar 95%), dengan persamaan regresi linier sederhana Y= 80,81 + 0,104X yang artinya setiap kenaikan satu variable X (Penggunaan media video dalam pembelajaran daring) maka nilai variable Y (Hasil belajar siswa) akan naik 0,104 tindakan, dimana penggunaan media video dalam pembelajaran daring mempengaruhi hasil belajar tematik siswa sebesar, 0,85% ( 0,85% dilihat dari perhitungan koefisien determinasi 72,25 % sedangkan 27,25 % dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini dapat diterima, yaitu penggunaan media video terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III SD Negeri 16 Kota Bengkulu berperangaruh positif dengan nilai belajar tematik siswa rata-rata sudah memenuhi KKM. Dibuktikan dengan hasil data Frekuensi nilai tugas siswa selama pembelajaran tematik berlangsung yaitu sebesar 70%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:36
Last Modified: 22 Sep 2021 03:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6962

Actions (login required)

View Item View Item