M.Rusdi, M.Rusdi (2021) IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA SURAT AL-KAHFI AYAT 18 DAN 19 DAN RELEVANSINYA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
TESIS M. RUSDI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang nilai-nilai pendidikan keimanan yang dapat dipahami dari QS.al-kahfi ayat 18 dan 19 dan implikasi nilai-nilai pendidikan pada surat al-kahfi ayat 18 dan 19 dan relevansinya dengan kecerdasan emosional. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif atau penelitian kepustakaan, dengan mengunakan data primer dan data sekunder, dengan mengumpulkan bahan pustaka, memilih bahan pustaka yang dijadikan sumber data primer, Selanjutnya dilengkapi dengan sumber-sumber data sekunder dan membaca bahan pustaka yang telah dipilih secara manual, setelah itu dianalisis secara deskriptif analisis (penafsiran tahlili). Adapun hasil penelitian didapati bahwa 1) nilai-nilai pendidikan keimanan yang dapat dipahami dari QS.al-kahfi, yaitu: pendidikan keimanan mengenai adanya pertolongan Allah bagi orang�orang yang beriman kepada-Nya, pendidikan keimanan mengenai pertolongan Allah bagi orang yang bertakwa, pendidikan keimanan adanya kasih sayang Allah pada orang yang bertawakal kepada-Nya, pendidikan keyakinan akan kemutlakan kekuasaan Allah, pendidikan keimanan mengenai kemenangan tidak selalu berpihak pada yang berkuasa melainkan kemenangan itu untuk siapa yang dikehendaki Allah, pendidikan keimanan mengenai pengorbanan yang akan berbuah keberhasilan, pendidikan keimanan mengenai adanya hukum Allah yang berjalan di luar hukum natural atau alamiah yang ada, pendidikan keimanan mengenai indahnya menjalin persaudaraan seiman dan pendidikan keimanan mengenai adanya kematian setelah kehidupan di dunia dan adanya hari akhir. 2) Implikasi nilai-nilai pendidikan pada surat al-kahfi ayat 18 dan 19 membahas tentang keimanan dan akal. Sedangkan akal istilah lain dari kecerdasan emosional, yaitu suatu kemampuan mengelola diri agar dapat diterima oleh lingkungan sosialnya. Hal ini didasarkan pada pertimbangan, bahwa keberhasilan seseorang di masyarakat, ternyata tidak semata-mata ditentukan oleh prestasi akademisnya di sekolah, melainkan kemampuannya mengelola diri. Hal ini sejalan dengan indikator kecerdasan emosional yaitu kesadaran yang tinggi, management suasana hati, self controlling, dan People skill. Tidak ada standar test EQ yang resmi dan baku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan dan Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 07:20 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 07:20 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6991 |
Actions (login required)
View Item |