EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ONLINE PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI TERUSAN MUSI RAWAS UTARA SUMATERA SELATAN

Busro, Dianto (2021) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ONLINE PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI TERUSAN MUSI RAWAS UTARA SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DIANTO BUSRO_S2_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beranjak dari sikap pro dan kontranya pembelajaran dengan sistem online dan banyaknya pendapat yang mengatakan sistem ini membuat belajar siswa menjadi menurun karena tidak bertemu langsung dengan guru dan pembelajaran online dianggap tidak efektif dan efisien maka penulis mencoba mengadakan penelitian dengan mengangkat permasalahan, yaitu : 1. Bagaimana efektifas pembelajaran online mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri terusan MusiRawas Utara Sumatera Selatan? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat efektifitas pembelajaran online mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Terusan MusiRawas Utara Sumatera Selatan? Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, tentang efektivitas Pembelajaran Online pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Terusan Musi Rawas Utara Sumatera Selatan maka dapat Peneliti simpulkan sebagai berikut:. 1. Efektivitas pembelajaran PAI secara online di SMP Negeri Terusan Berdasarkan hasil penelitian yang Peneliti laksanakan, bahwa dengan pembelajaran PAI secara online, guru sudah dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat pembelajaran yang efektif dan efesien, tetapi jangan lupa memberikan tindakan yang memahami keadaan siswa sebab dalam kenyataannya siswa dalam pembelajaran online tidak selalu lancar sinyal. Bahkan ada beberapa anak yang belum mempunyai handphone sendiri. Tetapi pembelajaran PAI terhadap siswa tersebut dengan menggunakan cara online sudah cukup efektif. Hal ini dapat dilihat sebagian besar siswa mengikuti proses pembelajaran dengan aktif, hanya sebagian kecil yang kurang aktif dikarenakan sinyal gangguan dan permasalahan pada handphone mereka. 2.dengan pembelajaran online guru menemukan faktor pendukung yaitu adanya kemampuan konsentrasi belajar siswa, tingkat kecerdasan, dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran, sedangkan hambatan yaitu hambatan mengorganisir belajar, misalnya tidak adanya materi praktek karena keterbatasan waktu, selain itu juga hambatan masalah biaya dalam mengikuti pelajaran online.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat, Efektivitas, Handphone,Pembelajaran PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 22 Sep 2021 08:17
Last Modified: 22 Sep 2021 08:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7030

Actions (login required)

View Item View Item