THE EFFECT OF HYPNOTEACHING ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY (A QUASI - EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE SECOND GRADE STUDENTS’ OF SMPN 15 SELUMA IN ACADEMIC YEAR 2020/2021)

Sari, Mita Dwinta (2021) THE EFFECT OF HYPNOTEACHING ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY (A QUASI - EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE SECOND GRADE STUDENTS’ OF SMPN 15 SELUMA IN ACADEMIC YEAR 2020/2021). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MITA DWINTA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah pada kemampuan berbicara siswa rendah, siswa takut, gelisa, mereka malu berbicara bahasa inggris, guru menggunakan teknik monoto dan guru tidak memberikan banyak waktu bagi siswa untuk mengekspresikan pembicaraan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hypnoteaching dalam mengurangi kecemasan berbicarasiswa (penelitiankuasi-eksperimental pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental. Penelitian ini telah dilakukan di SMPN 15 Seluma. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 15 Seluma yang terdiri dari 66 siswa menjadi tiga kelas, yaitu VIIIA-VIIIC. Setelah memastikan dengan purposive sampling, dua kelas akhirnya dipilih sebagai sample penelitian ini: VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Kedua kelas terdiri dari 46 siswa dengan skor hampir homogen. Kelas eksperimen diperlakukan dengan menggunakan metode hypnoteacing, sedangkan kelas control menggunakan cara konvensional. Pre-test diberikan kepada kedua kelompok sebelum memberikan treatment. Hasil pre-test menunjukanskor rata�rata kelas eksperimen adalah 59,26 dan kelas control adalah 61,83. Setelah memberikan treatment, post-test diberikan. Hasil post-test menunjukan nilai rata�rata kelas eksperiment adalah 75,48 dan kelas control adalah 67,91. Selain itu, hasil independent T-hitung (9,444) menunjukan bahwa T-hitung lebih tinggi dari t-table (1,671). Dengan kata lain, H0 ditolak dan Ha diterima. Singkatnya, dapat dinyatakan bahwa siswa yang diajari kemampuan berbicara dengan metode hypnoteaching lebih efektif dari pada menggunakan cara konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi hypnoteacing berperngaruh positif terhadap siswa kelas VIII di SMPN 15 Seluma pada kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching, Kemampuan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:33
Last Modified: 23 Sep 2021 03:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7064

Actions (login required)

View Item View Item