Sagita, Bella Delpa (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA KELAS VA SDN 16 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
Skripsi Lengkap Bella.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran tanya jawab dengan pendekatan saintifik dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VA di SDN 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penerapan metode tanya jawab dan pendekatan saintifik sangat membantu guru dalam membiasakan siswa berbicara menggunakan bahasa Indonesia, dengan penerapan metode tanya jawab ini dapat membantu siswa aktif dan berani berbicara di depan temannya. Selain itu, metode tanya jawab dapat membantu siswa memahami proses pembelajaran, tanya jawab antara guru dan siswa juga melatih siswa untuk berbicara di kelas. Namun pada kenyataannya metode ini tidak sepenuhnya berhasil bagi sebagian siswa yang kurang aktif di kelas karena sebagian siswa merasa malu dan tidak berani berbicara dengan alasan jawaban yang akan diberikan siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan guru. Melihat permasalahan pendekatan saintifik sangat membantu guru dalam membimbing siswa yang kurang aktif dengan cara mengamati dan mengkomunikasikan hal-hal yang dapat membantu permasalahan siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode tanya jawab, keterampilan berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 03:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 03:51 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7079 |
Actions (login required)
View Item |