PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Anggraini, Lola (2021) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LOLA ANGRAINI PGMI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis yakni kurangnya minat dalam belajar Bahasa Indonesia karena pendidik belum mampu membuat media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan sehingga membuat anak didik cenderung kurang aktif dalam belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode picture dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pembelajaran bahasa indonesia kelas 1 SD. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data-data dari lapangan tentang fenomena yang berkaitan dengan pokok permasalahan dalam penelitian. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 guru wali kelas dan 5 murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam kegiatan belajar mengajar membaca yang perlu diperhatikan pada siswa adalah kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca, misalnya kurang mengenal huruf kecil atau huruf besar, tidak menguasai bunyi bahasa. Oleh karena itu, yang perlu diperhatikan adalah memperbaiki proses pembelajarannya dalam hal ini kegiatan belajar siswa dan guru maka diperlukan satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengantisipasi rendahnya keterampilan membaca pada siswa yaitu dengan menggunakan media picture. Kesimpulan dari skripsi yang dibuat penulis yaitu keterampilan membaca sangat penting dalam kehidupan mendatang karena setiap aspek kehidupan tidak luput dari kegiatan membaca. Keterampilan membaca dan menulis, khususnya keterampilan membaca harus segera dikuasai oleh para siswa di SD karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di SD. Siswa yang tidak mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Picture and Picture, Minat Baca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:41
Last Modified: 24 Sep 2021 02:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7145

Actions (login required)

View Item View Item