PENGEMBANGAN ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI SMP SE-KOTA BENGKULU

Marfhadella, Putri (2021) PENGEMBANGAN ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI SMP SE-KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Putri Marfhadella.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Assessment pembelajaran adalah salah satu unsur yang digunakan untuk mengetahui sejauhmana ketercapaian kompetensi siswa dan keefektifan proses pembelajaran yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi soal-soal yang digunakan pendidik dalam mengevaluasi peserta didik hanya mengukur pada aspek pengetahuan saja belum pada tingkatan kemampuan berpikir kritis. Soal yang memberdayakan peserta didik untuk berpikir kritis di SMP Se-Kota Bengkulu terdiri dari SMPN A sebesar 14%, SMPN B sebesar 10%, dan SMPN C sebesar 6%. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang meliputi: potensi dan masalah, perencanaan produk, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi ahli, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu mengembangkan assessment untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri se-Kota Bengkulu pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Assessment yang dibuat terdiri dari 10 butir soal berbentuk essay yang mengukur kemampuan berpikir kritis siswa yang disusun menggunakan indikator berpikir kritis seperti interpretation (interprestasi), analysis (analisis), inference (inferensi), dan evaluation (evaluasi). Data hasil validasi ahli assessment, ahli materi, dan ahli bahasa sebesar 78,1%, 83,5%, dan 88,5% dengan pencapaian kriteria layak digunakan, sedangkan data hasil analisis angket respon peserta didik dan pendidik sebesar 91,7%, 88,3%, 82,9%, dan 85,6% dengan kategori sangat layak. Hasil validitas secara keseluruhan dari 10 soal terdapat 4 soal tidak valid, dengan nilai item reliability sebesar 0,84, 0,87, 0,86 dengan kategori bagus. Daya pembeda secara keseluruhan berkategori baik dengan indeks 0,40 DP < 0,70, yang terdiri dari 6 soal sulit, 2 soal sedang, 1 soal mudah, dan 1 soal sangat mudah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Assessment, Berpikir Kritis, Karakteristik, Kelayakan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:54
Last Modified: 24 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7156

Actions (login required)

View Item View Item