PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN JIWA KONSERVASI SISWA SMP KELAS VII

Gusmarti, Daista (2021) PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN JIWA KONSERVASI SISWA SMP KELAS VII. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAISTA GUSMARTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu pertama, mengetahui pengembangan modul IPA berbasis etnosains pada materi ekosistem. kedua, mengatahui kelayakan modul IPA berbasis etnosains pada materi ekosistem. ketiga, mengetahui kepraktisan modul IPA berbasis etnosains pada materi ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pertama, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi ekosistem menggunakan metode pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. kedua, modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi ekosistem termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan tanpa direvisi. Hal ini dapati dilihat dari hasil uji kelayakan yaitu diperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 88,66% layak. kketiga, modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi ekosistem termasuk dalam kriteria praktis dan baik untuk digunakan tanpa direvisi. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji kepraktisan modul diperoleh nilai persentase kepraktisan sebesar 91,66% praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul IPA, Etnosains, Jiwa Konservasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:08
Last Modified: 24 Sep 2021 03:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7165

Actions (login required)

View Item View Item