PENGUATAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI IMPLEMENTASIKURIKULUM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DI SDIT IQRA’ 2 KOTA BENGKULU

Bakri, Syaipul (2021) PENGUATAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI IMPLEMENTASIKURIKULUM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DI SDIT IQRA’ 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
BAKAR KASET SYAIPUL TESIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter religius melalui implementasi kurikulum Bina Pribadi Islami SDIT IQRA’ 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Responnden dalam penelitian ini adalah koodinator Bina Pribadi Islami, Guru BPI, siswa kelas 4, 5, dan 6, serta kepala sekolah SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa : 1)Ditemukan sebuah model kurikulum Bina Pribadi Islam (BPI) berbasis quality assurance, penekanannya pada strategi inquiry berbetuk kegiatan life-skill dan mutabaah harian serta rapor karakter pribadi islami, 2) Ditemukan pola implementasi kurikulum Bina Pribadi Islam (BPI) dalam bentuk pola intrakurikuler dan pola ekstrakurikuler, dan 3) Hasil penguatan pendidikan karakter religius di SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu ditemukan bahwa terdapat sejumlah karakter yang sudah dilakukan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan sekolah. Sejumlah karakter tersebut diukur dengan kriteria karakter sebagai berikut: 1) Akidah yang bersih, 2) Ibadah yang benar, 3) Kepribadian yang matang dan berakhlak mulia, 4) Pribadi yang sungguh-sungguh, disiplin dan mampu menahan nafsunya, 5) Mampu membaca, menghafal, dan memahami Al Qur’an, 6) Mutsaqoful fikri (berwawasan luas), dan 7) Memiliki ketrampilan hidup (Kesehatan dan kebugaran, lifeskill dan berwirausaha, pengembangan diri).Capaian nilai terbanyak itu adalah pada taraf B, yaitu siswa terbiasa melakukan (usually). Nilai ini jika diukur dengan angka, maka berada pada skor 71-80. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan perilaku yang positif pada diri peserta didik seluruhnya atau setidak�tidaknya 80%, maka penguatan pendidikan karakter religius di SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Implementasi Kurikulum, dan Bina Pribadi Islami
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:44
Last Modified: 24 Sep 2021 07:44
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7194

Actions (login required)

View Item View Item