Laksamana, Ririn (2021) STATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU SISWA DI SLB YAYASAN MUTIARA BUNDA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
SKRIPSI RIRIN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu: anak Tunarungu mengalami kekurangan atau kehilangan pendengaran yang mengakibatkan hambatan dalam perkembangan bahasa dan bicara, akibat dari kondisi ini anak menjadi tidak dapat merespon bunyi_bunyi yang datang kepadanya dengan baik. sehingga sulit mengembangkan kemampuan bahasa untuk berkomunikasi secara efektif dan kreatif. salah satu faktornya indra pendengaran tidak dapat dimanfaatkan secara penuh, ini merupakan kendala dalam mengembangkan kepribadian kecerdasan dan penampilannya sebagai makhluk sosial. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam pembinaan intraksi sosial anak di Yayasan Mutiara Bunda Kota Bengkulu metode penelitian kualitatif dilakukan dengn terjun lansung ke lapangan guna memperoleh data yang diperlukan, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi observasi, wawancara, dan dukomentasi. responden dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Pai, Guru Pembina Dan Staf Tata Usaha yang berada di SLB Yayasan Mutiara Bunda Kota Bengkulu Hasil penelitian di SLB Yayasan Mutiara Bunda Kota Bengkulu. yang pertama, strategi guru pendidikan agama islam dalam pembinaan intraksi sosial anak tunarungu menggunakan strategi individualisasi yakni lebih dekat dengan masing-masing anak agar pembinaan dapat tercapai dengan baik. intraksi sosial yaitu memakai bahas isyarat. bahasa isyarat ada dua macam yang pertama bahasa isyarat abjad jari dan yang kedua bahasa tubuh. biasanya bahasa isyarat abjad jari adalah jenis yang dibentuk dengan jari tangan seperti mengisyaratkan nama sendiri. kedua, ungkapan badaniah/bahasa tubuh ekspresi tubuh seperti sikap tubuh dan eksperi muka. faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam pembinaan intraksi sosial anak tunarungu ada tiga yaitu: (a) Tunarungu itu sendiri, (b) Lingkungan keluarga,(c) Sekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Pembinaan Intraksi Sosial Tunarungu |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 08:06 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 08:06 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7202 |
Actions (login required)
View Item |