Wulandari, Linda (2021) PERBEDAAN METODE AL-BAGHDADI DAN METODE IQRO’ PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK USIA (5-6) TAHUN DI DESA LUBUK BANYAU KABUPATEN BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.
|
Text
SKRIPSI LINDA WULANDARI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Guru paud diharapkan dapat menggunakan metode yang tepat dalam proses mengajarkan membaca al-Qur‟an. Metode yang dapat digunakan dalam mengajarkan membaca al-Qur‟an di PAUD adalah metode al-baghdadi dan metode Iqro‟. Metode al-baghdadi merupakan metode pembelajaran al-qur‟an dengan cara dieja per hurufnya. Sedangkan metode Iqro‟ adalah suatu metode membaca Al-Qur‟an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara metode Al�Baghdadi dan metode Iqro‟ pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an anak usia (5- 6) tahun di Desa Lubuk Banyau Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan metode Al-Baghdadi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an anak usia (5-6) tahun di Desa Lubuk Banyau Kabupaten Bengkulu Utara sudah berjalan dengan baik ketika guru ngaji melakukan pembelajaran anak yang melakukan kesalahan akan diberi tahu yang benar dan ketika anak tidak mengerti gurunya dengan sabar membimbing anak tersebut hingga menjadi bisa. Penerapan metode Iqro‟ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an anak usia (5-6) tahun di Desa Lubuk Banyau Kabupaten Bengkulu Utara sudah bagus namun guru nya yang selalu mengikuti kemauan anak didik nya sehingga terjadi ketidak adilan yang didapatkan oleh anak didik misalnya ketika ada anak yang jilidnya lebih tinggi diperintahkan untuk mengajar anak yang lebih rendah jilidnya, jadi di sini anak yang rendah jilidnya merasa terabaikan oleh gurunya. Anak yang belajar menggunakan Metode Al-Baghdadi itu lebih bagus meskipun proses pembelajarannya lama jika diterapkan secara baik dapat meningkatkan hasil belajar dan anak yang belajar menggunakan metode Al-Baghdadi bisa belajar menggunakan Metode Iqro‟ sedangkan anak yang belajar menggunakan metode Iqro‟ membuat anak cepat bosan karena pembelajaran yang dilakukan bersifat monoton proses nya memang cepat namun seperti latihan membaca dan anak yang menggunakan metode Iqro‟ belum tentu bisa belajar menggunakan metode Al-Baghdadi. Kata Kunci: Metode Al-Baghdadi dan metode Iqro’
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Al-Baghdadi dan metode Iqro’ |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:51 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7258 |
Actions (login required)
View Item |