PENGARUH METODE CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 58 KOTA BENGKULU

Alhaktullah, Denis (2021) PENGARUH METODE CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 58 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
skripsi denis alhaktullah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimenl. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Kuesioner (angket), dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 29 April 2021. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri 58 Kota Bengkulu. jumlah populasi 131 siswa dan sampel yang diambil 26 siswa sebagai kontrol dan 26 siswa yang dijadikan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan mengenai pengaruh penggunaan metode Critical Incident terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 58 Kota Bengkulu, dapat dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji F terhadap dua kelompok dengan hasil yang diperoleh Fsig (0,001) < 0,05 dan Fhitung =14,030 yang berarti hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima, yaitu hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia yang diajarkan dengan menggunakan metode critical incident lebih baik daripada siswa yang tanpa menggunakan metode critical incident di SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Dibuktikan dengan jumlah hasil belajar Bahasa Indonesia pos test pada kelompok eksperimen adalah 1970 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu 1750.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Critical Incident , Hasil Belajar dan Bahassa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:35
Last Modified: 29 Sep 2021 01:35
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7332

Actions (login required)

View Item View Item