TEACHERS’ TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) IN TEACHING EFL LEARNERS DURING COVID-19 PANDEMIC (A Comparative Study between Rural & Urban Teachers)

Aryati, Septian Nur (2021) TEACHERS’ TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) IN TEACHING EFL LEARNERS DURING COVID-19 PANDEMIC (A Comparative Study between Rural & Urban Teachers). Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SEPTIAN NUR ARYATI'S THESIS(1711230044).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi technology pedagogical content knowledge (TPACK) guru dalam pembelajaran EFL pada masa pandemi Covid-19 di dua wilayah sekolah yang berbeda (pedesaan dan perkotaan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Sampel terdiri dari dua guru bahasa Inggris dari masing�masing sekolah di wilayah sekolah pedesaan dan perkotaan (SMPN 8 Bengkulu Selatan dan SMPN 5 Kota Bengkulu). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru perkotaan memiliki tingkat TPACK yang lebih tinggi daripada guru pedesaan dimana mereka dapat mengoperasikan varians teknologi dan mengelola kelas dalam mengajar bahasa Inggris selama pandemi Covid-19, yaitu aplikasi pembelajaran online seperti Zoom meeting, WhatsApp, Google Classroom , Edmodo, Quizziz, dan aplikasi YouTube. Mereka telah dilakukan dengan cukup baik dalam proses belajar mengajar. Jika tidak, guru EFL pedesaan memiliki TPACK yang tidak memadai. Guru belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang kemajuan teknologi untuk pembelajaran online, hal ini disebabkan kurangnya waktu untuk merencanakan RPP teknologi, kurangnya pelatihan teknologi, dan terbatasnya sarana dan prasarana pendukung seperti terbatasnya ketersediaan jaringan internet dan gangguan pasokan listrik. Meskipun guru di pedesaan dan di perkotaan belum pernah menerapkan sistem pembelajaran online pada tahun ajaran sebelumnya, mereka memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangani masalah dalam menerapkan sistem pembelajaran semacam ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: v
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:39
Last Modified: 29 Sep 2021 01:40
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7338

Actions (login required)

View Item View Item