NGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA PADA MATERI

Karmila, Dina (2021) NGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA PADA MATERI. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dina Karmila, Juli 2021, Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berorientasi Etnomatematika Pada Materi Dimensi Tiga. Skripsi : Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa, Kota Bengkulu. Pembimbing I Fatrima Santri Syafri, M.Pd.Mat. dan Pembimbing II Poni Saltifa M.Pd. dinakarmila1@gmail.com Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Interaktif, Etnomatematika Dimensi Tiga Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif pada materi dimensi tiga di MA Hidayatul Qomariah. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan video pembelajaran interaktif berorientasi etnomatematika pada materi dimensi tiga yang valid, efektif dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap, yaitu (1) Analisis (analysis) tujuannya yaitu mengumpulkan data terkait permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran matematika lalu mencari solusinya. (2) Desain (design) merupakan tahapan pembuatan rangkuman materi, peta materi, dan penyusunan naskah. (3) Pengembangan (Development) yaitu melakukan pembuatan video pembelajaran interaktif berorientasi etnomatematika pada materi dimensi tiga selanjutnya melakukan validasi video pembelajaran interaktif pada ahli materi dan ahli media dimana didapat hasil bahwa video pembelajaran sangat valid dengan skor penilaian 3,7. (4) Implementasi (implementation) pada tahap ini dilakukan uji coba video pembelajaran interaktif berorientasi etnomatematika pada materi dimensi tiga kepada peserta didik MA Hidayatul Qomariah, tujuan dari uji coba ini untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas, dimana didapat hasil bahwa video pembelajarn interaktif praktis dengan kategori praktis (76,63%) dan efektif dengan kategori baik (75%). (5) Evaluasi (evaluation) tahapan ini merupakan tahapan terakhir dari model ADDIE yaitu, melakukan revisi tahap akhir berupa perbaikan beberapa kesalahan dalam pengetikan pada video pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil dari uji validasi, praktis, dan efektif maka video pembelajaran interaktif berorientasi etnomatematika pada materi dimensi tiga valid, efektif, dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran baik pembelajaran di kelas maupun pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Interaktif, Etnomatematika Dimensi Tiga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:02
Last Modified: 29 Sep 2021 02:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7347

Actions (login required)

View Item View Item