PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERINTEGRASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN UNTUK KELAS VIII SMP

Nirmala, Sintia Hikm (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERINTEGRASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN UNTUK KELAS VIII SMP. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Sintia Hikma Nirmala (skripsi untuk CD).pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sintia Hikma Nirmala, Juli, 2020, Pengembangan bahan ajar modul matematika Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berintegrasi Nilai-Nilai Kebangsaan Untuk Kelas VIII SMPSkripsi : Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Jl.Raden Fatah, Pagar Dewa, kota Bengkulu Pembimbing 1 Dr. Irwan Satria, M.Pd. dan Pembimbing 2 Betti Dian Wahyuni, M.Pd. sintiahikmah02@gmail.com Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar Modul, Nilai-Nilai Kebangsaan, Pola Bilangan, Baris Bilangan, Pendekatan Saintifik Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar modul matematika menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik berintegrasi nilai-nilai kebangsaan untuk kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah R&D (research and development) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model plomp, model plomp terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap investigasi awal, fase pengembangan atau pembentukan prototype dan fase penilaian. Subjek penelitian untuk validasi bahan ajar, yaitu 4 dosen Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu dan 1 orang guru Matematika SMP Negeri 3 Kota Bengkulu, sedangkan untuk uji kepraktisan terdiri dari 1 orang guru matematika kelas VIII.1 dan 10 orang siswa SMP Negeri 3 Kota Bengkulu Kelas VIII.1. Data hasil penilaian validasi 4 orang dosen serta 1 orang guru matematika diperoleh jumlah nilai 470,9 % dengan persentase rata-rata validasi adalah 94,18 % maka bahan ajar tersebut dikatakan sangat valid. Sedangkan untuk data hasil penilaian kepraktisan 1 orang guru matematika dan 10 orang siswa diperoleh jumlah nilai 954,1 % dengan persentase rata-rata kepraktisan 86,7 % makan bahan ajar dikatakan sangat praktis. Dari hasil penilaian bahan ajar tersebut dapat kita simpulkan bahwa Pengembangan bahan ajar modul matematika Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berintegrasi Nilai-Nilai Kebangsaan Untuk Kelas VIII SMP telah memenuhi kriteria valid dan praktis maka bahan ajar tersebut layak digunakan siswa kelas VIII SMP

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Modul, Nilai-Nilai Kebangsaan, Pola Bilangan, Baris Bilangan, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:37
Last Modified: 29 Sep 2021 02:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7372

Actions (login required)

View Item View Item