ANALISIS KEMAMPUAAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA PADA MATERI PENGANTAR DASAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI PIRIE KIEREN

Ayu, Yeni Astri (2021) ANALISIS KEMAMPUAAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA PADA MATERI PENGANTAR DASAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI PIRIE KIEREN. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YENI ASTRI AYU NIM 1711280013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep mahasiswa sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Pemahaman konsep merupakan konsep dasar yang harus dipahami oeh mahasiswa agar dapat memahami materi yang telah di berikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menge tahui gambaran kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki mahasiswa Tadris matematika IAIN Bengkulu berdasarkan teori Pirie Kieren. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 24 mahasiswa Tadris Matematika semester 1 TA 2020/2021. Teknik pengumpulan data dengan soal tes dan wawancara. Soal tes yang digunakan sebanyak 7 soal esay yang mana setiap soal menguji kemampuan pemahaman konsep PDM (relasi dan Fungsi) berdasarkan teori Pirie Kieren. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Dasar Matematika (Relasi dan Fungsi) berdasarkan teori Pirie Kieren belum optimal, kebanyakan mahasiswa hanya mampu menguasai tahapan dengan baik yaitu dimulai dari tahap Primitive Knowing, image making dan image having, bergerak menuju property noticing. Sementara, pada tahap level formalizing, observasi, sampai pada level structuring hanya beberapa mahasiswa yang menguasinya, sedangkan pada level Inventising belum ada mahasiswa yang menguasinya dengan baik. Selain itu, banyak mahasiswa mengalami folding back saat ingin mengerjakan soal pada tahap selanjutnya. Hal itu disebabkan kurang aktif memperhatikan penjelasan saat dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dan Kemampuan literasi/memahami bacaan yang masih minim dalam memahami soal-soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Teori Pirie Kieren
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:21
Last Modified: 29 Sep 2021 03:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7381

Actions (login required)

View Item View Item