PENGARUH METODE TAKRIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAT SURAT PENDEK SISWA KELAS V DI MI MA’RIFATUN HASANAH KECAMATAN SUMBER HARTA KABUPATEN MUSI RAWAS

Sapriansyah, Sapriansyah (2021) PENGARUH METODE TAKRIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAT SURAT PENDEK SISWA KELAS V DI MI MA’RIFATUN HASANAH KECAMATAN SUMBER HARTA KABUPATEN MUSI RAWAS. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
sapriansyah pdf.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode takrir dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat-surat pendek (Al-Bayyinah dan Ad-Duha) siswa kelas V MI Ma’rifatun Hasanah Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode takrir dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat-surat pendek (Al-Bayyinah dan Ad-Duha) siswa kelas V MI Ma’rifatun Hasanah kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah populasi sebanyak 20 siswa, sehingga pengambilan sampel juga dengan nilai yang sama yakni 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis penelitian menggunakan analisis uji validitas, reliabilitas, koefisien determinasi, regresi linier sederhana, dan uji t. Berdasarkan pengolahan data dan analisis data, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara metode takrir terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an siswa kelas lima MI Ma’rifatun Hasanah. Pernyataan dari kedua variabel di nyatakan valid dengan taraf signifikansi < 0, 05 yakni 0,00 dan reliabel dengan taraf signifikansi > 0,6 yakni 0,865 variabel (X) dan 0,909 variabel (Y). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan R= 0,823 dan R Square= 0,678. Hasil uji regresi linier sederhana sebesar 0,687 dan uji t dengan nilai thitung sebesar 4,212 dan t tabel sebanyak 2,10982. Maka dalam hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima , sehingga variabel metode Takrir terbukti berpengaruh positif terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Takrir, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Surat-surat Pendek ( Al-Bayyinah dan Ad-Dhuha)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:32
Last Modified: 29 Sep 2021 03:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7400

Actions (login required)

View Item View Item