PERAN DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 01 BENGKULU UTARA

Suryani, Suryani (2021) PERAN DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 01 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SURYANI 1711210067.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peran dan dukungan orang tua terhadap pembelajaran anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 01 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan dari hasil wawancara dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti mengenai peran dan dukungan orang tua terhadap pembelajaran anak tunanetra di sekolah luar biasa (SLB) Negeri 01 Bengkulu utara, adalah (1) peran dan dukungan orang tua terhadap anak tunanetra berjalan dengan efektif, orang tua anak tunanetra tersebut sudah melaksakan tugas, tanggung jawab dan kewajibannya seperti, membimbing, mendidik dan mendukung anaknya dalam hal belajar. Anak-anak tunanetra di SLBN 01 Bengkulu Utara juga dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik, karena guru-guru disana sudah menggunakan banyak bimbingan dengan harapan bahwa anak tunanetra dapat aktif pada saat proses belajar mengajar berlangsung dan dapat meningkatkan prestasinya menjadi lebih baik lagi. (2) Cara atau strategi dirumah yaitu: memberikan dukungan dan motivasi kepada anak, menciptakan suasana yang kondusif, melengkapi fasilitas belajar dan mendampingi anak belajar, dengan begitu anak akan lebih bersemangat dalam belajar dan meningkatkan prestasinya. (3) Faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam mendukung pembelajaran anak tunanetra. Faktor pendukungnya yaitu: siswa mau mendengarkan apa yang diperintahkan orang tua ketika belajar, orang tua sudah memenuhi kebutuhan sekolahnya, orang tua dapat juga mendukung anaknya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang ada disekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: jarak antara rumah dengan sekolah yang jauh yang menyebapkan anak sedikit terlambat, anak kurang fokus ketika belajar, sering mengantuk ketika orang tua menjelaskan materi dan anak lebih banyak bermain dari pada belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orang Tua Dan Pembelajaran Anak Tunanetra
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:39
Last Modified: 29 Sep 2021 03:39
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item View Item