PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOSAINS DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI EKOSISTEM SAWAH DI SD NEGERI 28 KELAS V DI SUKU GUMAI TANJUNG SAKTI( PAGAR ALAM )

Hafiza, Reza (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOSAINS DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI EKOSISTEM SAWAH DI SD NEGERI 28 KELAS V DI SUKU GUMAI TANJUNG SAKTI( PAGAR ALAM ). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
skripsi reza cetak.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kajian tulisan ini bertujuan untuk Mengembangkan modul berbasis etnosains dalam mata pelajaran IPA materi ekosistem sawah dan memberikan pemahamman tentang kepercayaan Suku Gumai Tanjung Sakti yang terkait dengan materi ekosistem sawah.Menguji keefektifan modul berbasis etnosains dalam mata pelajaran IPA. Mengetahui kelayakan modul berbasis etnosains dalam mata pelajaran IPA.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa dikenal dengan metode Research and Development (R and D) . etnosains dengan kata lain merekonstruksi pengetahuan yaitu kepercayaan pengetahuan yang merupakan sebuah keunikan pemberian budaya atau sosial, yang pada dasarnya untuk pembuatan ketegasan atau kepercayaan tingkatan lokalnya meliputi pertanian, kesehatan, persiapan dan pemeliharaan pangan, penelitian pengelolaan pendidikan. Jadi, Etnosains adalah suatu kepercayaan masyarakat di daerah tertentu yang kebenarannya dapat dikaji secara ilmiah.Pengembangan bahan ajar modul penting dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran. Pengembangan modul memiliki komponen-komponen tertentu yang harus diperhatikan oleh guru agar dapat dihasilkan modul yang memiliki peran penting baik bagi guru maupun siswa. Dengan adanya modul yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran maka tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran akan meningkat. Pengembangan modul merupakan seperangkat prosedur yang dilakukan secara berurutan untuk melaksanakan pengembangan sistem pembelajaran modul. Dalam mengembangkan modul diperlukan prosedur tertentu yang sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai, struktur isi pembelajaran yang jelas, dan memenuhi kriteria yang berlaku bagi pengembangan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul dan Etnosains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:49
Last Modified: 03 Nov 2021 07:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item View Item