PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MASA PANDEMI COVID-19 SDN 169 SELUMA KABUPATEN SELUMA

Nurhasanah,, Nurhasanah, (2021) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MASA PANDEMI COVID-19 SDN 169 SELUMA KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
skripsi nurhasanah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhasanah, (1711240119), Judul Skripsi : Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Masa Pandemi Covid 19 SDN 169 Seluma: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing I Prof. Dr. H. Rohimin, M. Ag., Pembimbing II Dra. Aam Amaliyah, M. Pd. Kata Kunci: Manfaat Media Audio Visual Terhadap Proses Pembelajaran IPA Di masa Pandemi Covid-19 Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses belajar di masa pandemi Covid 19 SDN 169 Seluma . 2) untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media audio visual pada proses pembelajajaran khususnya Ipa di masa pandemi Covid 19 SDN 169 Seluma. 3) untuk kendala yang di temui dalam memanfaatkan media audio visual dalam proses belajar di SDN 169 Seluma. 3) untuk mengetahui bagaimana solusi atau upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ditemui dalam pemanfaatan media audio visual di masa pandemi Covid-19 SDN 169 Seluma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pada Proses pembelajaran dari rumah guru memberikan tugas dan materi dengan memanfaatkan media android dengan menggunakan whatsapp grup kelas; (2) Pada proses pembelajaran dari rumah guru mengalami masalah atau kendala pertama, masalah berkaitan dengan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi, kedua, masalah karena kondisi jaringan internet yang belum memadai, ketiga, permasalahan orang tua yang tidak memiliki android membuat perbedaan tingkat pemahaman peserta didik dalam memahami materi atau tugas, keempat kurangnya kerjasama orang tua dan siswa sehingga anak lebih banyak bermain game dan bermain; (3) Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran dari rumah adalah pertama, meningkatkan kompetensi guru menggunakan/mengoperasionalkan teknologi dengan mengikuti pelatihan�pelatihan yang diadakan embaga terkait seperti pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendiidkan, kedua Memberi penguatan atas pemahaman siswa pada saat Luring dilakukan, ketiga Meningkatan kualitas komunikasi dan kerjasama dengan para orangtua. Ini sangat penting dilakukan untuk siswa tingkat dasar pemberian tugas tertentu oleh guru harus diikuti pengawasan pengerjaan tugas oleh orangtua di rumah karena waktu anak belajar di dominasi di rumah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manfaat Media Audio Visual Terhadap Proses Pembelajaran IPA Di masa Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:49
Last Modified: 04 Nov 2021 01:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7500

Actions (login required)

View Item View Item