Pertiwi, Yuni (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
Yuni Pertiwi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa semua orang tua menginginkan pendidikan anaknya baik, sehingga dia memperhatikan dan mengoptimalkan untuk pendidikan anaknya. Adanya kebutuhan ini maka manusia terdorong untuk memenuhinya. Dorongan ini yang disebut dengan motivasi. Dalam hal ini, tentu peranan motivasi sangatlah penting. Bagaimana gurumelakukan usaha-usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan motivasi agar siswa melakukan aktivitas belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 kota Bengkulu. (2) untuk mengetahui seberapa besar signifikansi pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis regresi. Populasinya pada SMPN 1 kota Bengkulu yang berjumlah 854 siswa menggunakan teknik proportoinatestratified. Sampelnya 90 siswa. Metode penelitian data dengan angket dan dokumentasi. Semua instrument telah memenuhi syarat sebagai syarat pengukuran, karena telah diuji cobakan sehingga telah memenuhi syarat sebagai syarat pengukuran, karena telah diuji cobakan sehingga telah memenuhi syarat uji validitas menggunakan korelasi product dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach, setelah lulus uji persyarat analisis data menggunakan ujiT dan persentase besar pengaruhmenggunakan koefisien detirminari adjuster Rsquere. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh yang siginfikansi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan dari nilai Rhitung > Rtabel yaitu 0,611 >0,361 dan sig < 0,05 yaitu 0,00 <0,05. (2) Besar pengaruh koefisien detirminasi Adjusted R square 0,020 pada model summary dalam uji regresi, sehingga pengaruh motivasi belajar (X), terhadap prestasi belajar (Y) adalah sebesar 2%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:11 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:11 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7512 |
Actions (login required)
View Item |