Herlena, Herlena (2021) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE DIPADUKAN DENGAN PICTURE CARD DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI PLUS Jâ-AlHAQ KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
Herlena NIM 1711240200.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model think talk write dipadukan dengan picture card dalam meningkatkan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA di Kelas V MI Plus Jâ-alHaq kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment dengan menggunakan perhitungan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan datanya yaitu tes, daftar nilai dan dokumentasi. Uji validitas soal tes menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus alfa cronbach. Dalam penelitian ini uji normalitas menggunakan SPSS kolmogorov-smirnov dan Shapiro Wilk test, sedangkan uji hipotesis datanya merupakan uji t berpasangan (paired t-test). Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model think talk write dipadukan dengan picture card dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai uji Indepdendent Samples t-test (t-hitung) sebesar 2.511 dan nilai t-tabel 1,678 dengan nilai p 0,016. Karena nilai t-hitung lebih besar dar t-tabel (2,511>1,678) atau p < 0,05 maka dapat dikatakan ada perbedaan rata-rata antara kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan model think talk write dipadukan dengan picture card dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Hal ini berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Think Talk Write dipadukan Picture Card, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:25 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:25 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7552 |
Actions (login required)
View Item |