THE IMPLEMENTATION OF ASYNCHRONOUS LEARNING IN CLASSROOM IN THE COVID-19 PANDEMIC ( A Qualitative Study at MTSN 01 Kota Bengkulu the Teacher Class VIII in the Academic Year 2020/2021)

Purnamasari, Winda (2021) THE IMPLEMENTATION OF ASYNCHRONOUS LEARNING IN CLASSROOM IN THE COVID-19 PANDEMIC ( A Qualitative Study at MTSN 01 Kota Bengkulu the Teacher Class VIII in the Academic Year 2020/2021). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
THESIS WINDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Asingkron di MTSN 01 Kota Bengkulu terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan teknik evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran daring.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Pembelajaran daring yang di laksanakan di MTSN 01 Kota Bengkulu menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran daring dengan jenis komunikasi asyncronous. Yang mana didalam pembelajaran daring dilaksanakan guru dengan E Learning (situs web sekolah) di bantu chat di group whatshapp dan telegram.Dalam melaksanakan pembelajaran daring ini, guru melakukan perencanaan dengan menyiapkan RPP dan silabus, guru juga melakukan pemetaan materi serta menyiapkan pendukung pembelajaran seperti media pembelajaran dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Berdasarkan proses pembelajaran, guru mengirimkan materi pada e learning yang didukung media pembelajaran menggunakan vidio dan voice note. Pada saat guru mengirimkan video penjelasan materi kepada peserta didik guru memerintahkan peserta didik untuk menyimak video tersebut.Dengan mengirim video dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari karena bisa diulang mempelajari apabila ada materi yang belum dimengerti. Selain menggunakan video guru juga menjelaskan materi menggunakan voice note. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran daring ini yaitu penugasan kepada peserta didik. Pada saat melakukan evaluasi pembelajaran guru menggunakan teknik evaluasi formatif dan sumatif.Pada evaluasi formatif dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan materi yang dipelajari. Sedangkan evaluasi sumatif dilakukan guru pada akhir tema pembelajaran yang dilaksanakan pada mid semester dan ujian akhir semseter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:00
Last Modified: 05 Nov 2021 03:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7603

Actions (login required)

View Item View Item