PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 65 SELUMA

Dinda, Rinda INten Permata (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 65 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
RINDA INTEN PERMATA DEWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 65 Seluma. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 65 Seluma. Populasi dan sekaligus sampel dari penelitian ini adalah guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 65 Seluma. Sampel yang digunakan yaitu sampel total. Data yang diperlukan diperoleh melalui hasil angket dan data nilai ulangan harian IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru termasuk dalam kategori sedang yaitu mencapai presentase 68%, artinya kemampuan pedagogik guru dalam pembelajaran IPA masih perlu ditingkatkan agar dapat mencapai hasil yang maksimal. sedangkan tingkat hasil belajar IPA siswa kelas V termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 61% artinya hasil belajar siswa masih banyak yang harus ditingkatkan. Hasil analisis koefisien korelasi pearson product moment diperoleh Rhitung (0,81)>Rtabel (0,3202) pada taraf signifikan α = 0,05, artinya terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Hasil analisis koefisien determinasi besarnya kontribusi kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 65% selebihnya 35% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kajian penelitian ini. Hubungan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 65 Seluma kearah positif dengan persamaan regresi ( ) .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Siswa Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:30
Last Modified: 05 Nov 2021 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7607

Actions (login required)

View Item View Item