IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) RIYADHUS SHOLIHIN MEGANG SAKTI MUSI RAWAS

Tamam, Tamam (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) RIYADHUS SHOLIHIN MEGANG SAKTI MUSI RAWAS. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
TAMAM _S2_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan yayasan yang sebagian besar siswa-siswinya mukim di pondok pesantren. Adapun tujuan penelitian ini : Pertama, untuk mengetahui kebijakan pendidikan karakter disiplin yang terintegrasi pada pembelajaran di MTs Riyadhus Sholihin. Kedua, untuk mengetahui penerapan kebijakan pendidikan karakter disiplin. Ketiga, untuk mengungkap hasil implementasi kebijakan pendidikan karakter disiplin di MTs Riyadhus Sholihin Megang Sakti Musi Rawas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman, yaitu melalui proses reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, implementasi kebijakan pendidikan karakter disiplin di Madrasah Tsanawiyah Ryadhus Sholihin di lakukan melalui tahapan perencanaan. Perencanaan yang dilakukan sekolah yaitu dengan cara mengadakan rapat seluruh dewan guru dan staf agar memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter di dalam kurikulum sekolah dan untuk kemudian dilakukan sosialisasi kurikulum kepada wali siswa pada tahun ajaran baru. Kedua, Implementasi kebijakan pendidikan karakter disiplin meliputi pengintegrasian di dalam kegiatan pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Pada tahap pengembangan diri meliputi; adanya kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Tahap mata pelajaran meliputi; memasukkan nilai pendidikan karakter disiplin pada RPP, proses pembelajaran, dan aktualisasi. Sedangkan pada budaya sekolah, nilai pendidikan karakter disiplin di terapkan melalui; peraturan kelas, peraturan sekolah dan peraturan luar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan Pendidikan, Karakter Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:31
Last Modified: 05 Nov 2021 03:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7615

Actions (login required)

View Item View Item