IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 MUARA BELITI MUSI RAWAS

Prayitno, Edi (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 MUARA BELITI MUSI RAWAS. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
EDI PRAYITNO_TESIS_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Muara Beliti Musi Rawas. Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam proses implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Rujukan Muara Beliti Musi Rawas. Adapun untuk pendekatan yang akan digunakan adalah pendekatan deskriptif, sebuah metode penelitian yang digunakan untuk menemukan pengetahuan yang seluas-luasnya terhadap subjek penelitian pada suatu saat tertentu. Pilihan pendekatan ini juga sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Semi, bahwa metode deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan sesuatu hal yang berlangsung dalam sebuah komunitas. Prosedur dalam penelitian ini dapat berupa menginventarisasi data, menganalisis data, pembahasan, generasilisasi, dan interpretasi. Penelitian dapat ditarik beberapa kesimpulan berikut ini : Pertama, Persepsi guru PAI SMA Negeri 2 Unggulan Muara Beliti terhadap implementasi pendidikan karakter dan peran pembelajran PAI dalam pembentukan karakter sangat positif. Kedua, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rujukan Muara Beliti diterapkan dengan strategi analisis nilai, klarifikasi nilai, cerita teladan, dan model pembelajaran kooperatif. Sedangkan untuk pembiasaan yang dilakukan adalah berdoa sebelum memulai dan setelah pembelajaran, bersalaman jika bertemu guru, tepat wkatu, dan hafalan. Ketiga, Ada beberapa kendala dalam implementasi pendidikan karakter, terdapat empat kendala yang dihadapi oleh guru PAI, yakni: 1) minimnya fasilitas dan wadah pengembangan siswa; 2) lemahnya sinergi dari berbagai elemen, terutama orang tua dan masyarakat; 3) lingkungan yang tidak kondusif; dan 4) watak yang keras/ sulit di atur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Karakter Islami, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:43
Last Modified: 05 Nov 2021 07:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7640

Actions (login required)

View Item View Item