IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Marayulana, Nindia (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Nindia Marayulana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini sangat penting kedudukannya dalam proses belajar mengajar, dimasa darurat penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19) seperti hambatan dan keterbatasan dihadapi dalam sistem pembelajaran, mulai dari peserta didik, keluarga peserta didik, maupun sarana dan prasarana yang kurang representatif, kemendikbud juga berharap tetap bisa menginstruksikan seluruh pendidik di semua jenjang pendidikan agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dari rumah. Oleh karena itu, peran guru sangat dibutuhkan dalam memanajemen atau mengelola pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 saat ini, baik implementasi pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Dengan hasil penelitian, terdapat banyak kendala dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19 terutama dengan metode pembelajarannya yang tidak efektif, keterlambatan siswa dalam mengerjakan tugas, sarana dan prasarana yang tidak memadai, kendala-kendala yang dialami guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19 sekarang manajemen pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Berdasarkan data yang yang terkumpul dan analisis yang penulis lakukan secara cermat, maka dapat diambil kesimpulan bahwa, manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam sudah berjalan baik, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan New Normal dengan adanya pembelajaran tatap muka, pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 7 ini 70% tatap muka dan 30% masih dengan pembelajaran daring. Hal ini peneliti bisa simpulkan melalui data-data yang peneliti dapatkan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi dimana dalam penerapan manejemen pada pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu sudah berupaya sebaik mungkin selama masa pandemi COVID-19 ini dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran, Guru dan Covid-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:48
Last Modified: 05 Nov 2021 07:48
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7652

Actions (login required)

View Item View Item