Pembelajaran Bahasa Arab secara Daring bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Rahayu, Eka (2021) Pembelajaran Bahasa Arab secara Daring bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi eka rahayu benar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab secara daring di prodi pendidikan bahasa arab universitas islam negri fatmawati sukarno bengkulu. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran bahasa arab secara daring bagi mahasiswa pendidikan bahasa arab ? 2) Apa problematika pembelajaran bahasa arab yang dilakukan secara daring ?, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah dosen pendidikan bahasa arab dan mahasiswa pendidikan bahasa arab universitas islam negri fatmawati sukarno bengkulu. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran bahasa arab secara daring bagi mahasiswa pendidikan bahasa arab itu dilakukan 70% dilakukan secara daring dan 30% dilakukan secara tatap muka yang dilakukan secara bergantian. Dan selama pembelajaran daring media yang digunakan yaitu dengan menggunakan media whatssap da n zoom. Dan selama pembelajaran berlansung metode yang sering digunakan oleh dosen yaitu metode diskusi. 2) problematika pembelajaran bahasa arab secara daring yang dialami yaitu terhambatnya jaringan,dan bagaimana mengcover atau mengetahui materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Bahasa Arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:08
Last Modified: 05 Nov 2021 08:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7680

Actions (login required)

View Item View Item