“PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 STUDI DI SMP NEGERI 02 PASEMAH AIR KERUH“ SKRIPSI

Pansari, Ahmad (2021) “PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 STUDI DI SMP NEGERI 02 PASEMAH AIR KERUH“ SKRIPSI. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
AHMAD PANSARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat keberhasilan pendidikan dan keberhasilan pendidikan akan dicapai suatu bangsa apabila ada usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan bangsa itu sendiri. Salah satu tujuan bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa yang selama ini telah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 alenia ke-IV. Tahun 2020 ini, dunia telah dilanda wabah yang disebut dengan Corona Virus atau dikenal dengan Covid-19 dan telah menyebar hampir di seluruh dunia. Sejak Januari 2020 WHO menyatakan dunia sedang berada pada darurat global karena virus ini. Indonesia juga menjadi salah satu negara terdampak covid-19, Hal ini tentu berdampak pula terhadap beberapa sektor penting salah satunya adalah sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga mengeluarkan surat edaran No. 4 Tahun 2020 terkait pelaksanaan pendidikan pada masa Covid-19 ini, di mana pelaksaan Ujian Nasional (UN) tahun akademik 2019/2020 resmi ditiadakan dan sekolah melaksanakan proses belajar dari rumah.Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, wakil kepala bidang kurikulum dan juga siswa di SMP Negeri 02 Pasemah Air Keruh. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 02 Pasemah Air Keruh masih belum sempurna melihat bagaimana RPP dan silabus yang digunakan belum sesuai dengan masa pandemi covid-19 ini. Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 02 Pasemah Air Keruh belum berjalan tepat sesuai dengan apa yang diharapkan karena memiliki hambatan dalam pelaksanaanya. Pelaksanaan pembelajaran IPS itu sendiri akan lebih baiknya jika sebelum mengubah suatu kebijakan dalam suatu pendidikan maka perbaiki dimulai yang terkecil dulu. Harus bisa mengenali dan medalami lagi masalah-masalah dan hambatan yang ada saat pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa tidak hanya diberi tugas saja. Dengan kata lain kalaupun pembelajaran IPS itu tetap berlangsung maka pengajar yang mengajarpun haruslah memahami metode dan pelaksanaan pembelajaran yang efektif pada masa pandemic covid-19 ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS. Pernecanaan, Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:15
Last Modified: 08 Nov 2021 01:15
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7748

Actions (login required)

View Item View Item