KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 5 LEBONG

Putriyani, Novia (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 5 LEBONG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVIA PUTRIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 dan faktor penghambat pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Lebong, subyek dan informan utama dalam penelitian ini adalah Guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data, teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 5 Lebong, pembelajaran dilakukan secara daring dan karena lebong masih berada dalam zona hijau maka kepala sekolah mengambil kebijakan pembelajaran genap ganjil. Guru menggunakan strategi dan metode pembelajaran PAI dengan menggunakan aplikasi pembelajaran yaitu e-learning. Dalam hal merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya, karena guru harus menyesuaikan pembelajaran secara daring maupun secara tatap muka dengan sistem genap ganjil. Adapun faktor penghambat atau kendala yang dihadapi dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 yaitu sinyal internet yang kurang mendukung, kuota internet yang terbatas, siswa yang kurang paham pembelajaran PAI, kurangnya kejujuran siswa, masih ada siswa yang jarang masuk sekolah, ada guru yang belum menguasai IT ketika pembelajaran dilakukan secara daring, dan waktu belajar daring maupun genap ganjil yang kurang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, Pembelajaran PAI, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:27
Last Modified: 08 Nov 2021 01:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7765

Actions (login required)

View Item View Item