IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR DAN DISIPLIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT ALQUDWAH MUSI RAWAS

ROSYID, , (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR DAN DISIPLIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT ALQUDWAH MUSI RAWAS. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS (ROSYID).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1. Bagaimana konsep pendidikan karakter di SMPIT Al Qudwah Musi Rawas, 2. Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa di SMPIT Al Qudwah Musi Rawas, 3. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa di SMPIT Al Qudwah Musi Rawas. Tujuan dari penelitian aini adalah : 1. Untuk mendeskripsikankonsep pendidikan karakter di SMPIT Al Qudwah Musi Rawas, 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa di SMPIT Al Qudwah Musi Rawas, 3. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa di SMPIT Al Qudwah Musi Rawas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif yang berbasis lapangan dalam kondisi alamiah yang diambil dari kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku orang-orang yang diamati, dan menyajikan fakta secara sistematik dari keadaan yang sebenarnya, tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber datanya adalah guru Pendidikan Agana Islam, guru BPI dan Kepala Sekolah.Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Konsep pendidikan karakter di SMPIT Al-Qudwah Musi Rawas yaitu menerapkan kegiatan pembelajaran dengan sistem fullday school dan menerapkan sistem pendidikan terpadu yang tergabung dalam jaringan sekolah islam terpadu (JSIT)2. Pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin di SMPIT Al-Qudwah Musi Rawas melalui ; ustadz-ustadzahnya wajib menjadi teladan, semua pelajaran wajib memasukkan nilai karakter jujur dan disiplin, memberikan reward dan hukuman, menanamkan karakter dengan pembiasaan, memberikan kisah teladan, dan pembinaan mental. 3. Faktor pendukungnya adalah ; jam pelajaran PAI 6 jam, komirmen ustadzustadzah yang tinggi, sarana-prasarana yang memadai, dukungan orang tua dan lingkungan yang kondusif, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya wabah covid-19 dan kurangnya motifasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Jujur, Disiplin, Karakter, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:30
Last Modified: 08 Nov 2021 01:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7784

Actions (login required)

View Item View Item