PROBLEMATIKA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA ISLAM DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

SEPTO ARMANDO, OGI (2019) PROBLEMATIKA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA ISLAM DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI OGI PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika atau permasalahan kompetensi pedagogik guru agama Islam dalam menggunakan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 18 Kota Bengkulu Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 18 Kota Bengkulu Tekhnik pengumpulan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam. Analisis data yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif yaitu setelah ada data yang berkaitan dengan penulis, maka disusun dan diklasifikasikan dengan menggunakan data-data yang diperoleh untuk menggambarkan jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: penelitian menunjukan problematika kompetensi pendagogik guru PAI dalam metode pembelajaran Agama Islam sebagai berikut yaitu kurangnya kemampuan guru dalam memahami watak serta kemampuan belajar setiap siswa, kurangnya kemampuan guru dalam memanajemen waktu belajar yang telah diberikan, terhambatnya kreativitas guru dalam mengembangkan pendidikan yang berbasis teknologi, dan sulitnya memberikan penilaian yang objektif terhadap siswa yang tidak mengikuti ujian secara bersama dan Faktor penyebab kurangnya kompetensi pedagogik guru agama Islam terhadap proses belajar mengajar sebagai berikut yaitu, kurangnya alokasi waktu yang diberikan sekolah untuk pembelajaran Agama Islam, masih kurangnya media pembelajaran yang terdapat di sekolah, seperti media Infokus, masih kurangnya kesadaran guru dalam mengikuti pelatihan yang di buat oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru Agama Islam Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:35
Last Modified: 08 Nov 2021 01:35
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item