Sari,, Oktavia Mayang (2021) PELAKSANAAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DIRECT INTRUCTION (DI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI OKTAVIA MAYANG SARI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Oktavia Mayang Sari, Februari 2020, Skripsi Pelaksanaan Model Pengajaran Langsung Direct Intruction (DI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Alfauza Amin, M. Ag., 2. Basinun, M.Pd. Kata Kunci: Model PengajaranLangsung Direct Intruction (DI) Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Pelaksanaan model pengajaran langsung Direct Intruction (DI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu. 2). Apa Faktor pendukung dan factor penghambat pelaksanaan model pengajaran langsung Direct Intruction (DI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan Pemanfaatan model pengajaran langsung Direct Intruction (DI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena social dan masalah manusia. Pada pendekatan ini peneliti menekankan sifat realitas yang terbangun secara social hubungan erat antara penelitian dan subjek yang diteliti. Responden penelitian adalah kepala sekolah, guru bidan gstudi PAI dan siswa kelas XI, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tekni kanalisis data yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Pelaksanaan model pengajaran langsung Direct Intruction (DI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu. 2) Faktor pendukung dan factor penghambat pemanfaatan model pengajaran langsung Direct Intruction (DI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu. Dari penelitian tersebut, diharapkan dapat member pengetahuan kepada semua pihak (kepala sekolah, guru bidang studi PAI, siswa), untuk dapat memanfaatkan model pengajaran agar proses pembelaran berjalan efektif bersikap lebih tegas terhadap proses pembelajaran, Dan tak lupa hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi paracivitas akademika, paramahasiswa, para tenaga pengajar dan semoga bias memberikan sedikit kontribusi bagi dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PengajaranLangsung Direct Intruction (DI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 01:50 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 01:50 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7821 |
Actions (login required)
View Item |