Setiyo Wicaksono, Dimas (2021) PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGHADAPI GENERASI ALPA DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
skripsi Dimas Setiyo Wicaksono.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peranan pondok pesantren dalam menghadapi generasi alfa dan tantangan dunia pendidikan era society 5.0. Bagaimana kesiapan pondok pesantren dalam menyambut era society 5.0. tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Peranan pondok pesantren dalam menghadapi generasi alfa dan tantangan dunia pendidikan era society 5.0. penelitian ini menggunakan metode Library Reserch. teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi data primer, data sekunder dan literarur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Teknik analisa data adalah dengan menelaah data yang tersedia, mengumpulkan data dan reduksi data.berdasarkan hasil penelitian bahwa diharapkan pondok pesantren dapat melakukan pembaharuan - pembaharuan sesuai dengan kebutuhan di era saat ini, terutama dalam menghadapi kemajuan teknologi yang begitu canggih yang berkembang begitu cepat, Dibutuhkan kemampuan literasi dasar seperti literasi data yaitu kemampuan untuk membaca, analisis, dan menggunakan informasi (big data) di dunia digital. Kemudian literasi Teknologi, memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi selain itu beradaptasi dengan Society 5.0, dalam dunia pendidikan diperlukan kecakapan hidup abad 21 atau lebih dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thingking, Communication, Collaboration).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesantren, Generasi Alpa, Era Society 5.0. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 02:22 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 02:22 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7905 |
Actions (login required)
View Item |