PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM VIA DARING STUDI PELAJAR SMA DI DESA PALAK SIRING

Setiawan, Agit (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM VIA DARING STUDI PELAJAR SMA DI DESA PALAK SIRING. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
AGIT SETIAWAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pembelajaran siswa di Desa Palak Siring Kecamatan Kedurang yang dilakukan via daring atau online. Hal ini menimbulkan problematika diantaranya kesiapan guru dan pelajar dalam mengikuti pembelajaran daring, kurangnya fasilitas, kejujuran pelajar mengenai kebutuhan kuota untuk mengikuti pembelajaran daring dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran daring berlangsung, apa kendala yang terjadi dalam pembelajaran daring, dan apa solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan pelajar SMA, informanya adalah orang tua pelajar dan petinggi adat Desa, serta perangkat Desa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan obsevasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaran daring hanya dilakukan dengan berkirim pesan melalui aplikasi whatsap, guru akan mengirim materi ataupun tugas kepada pelajar melalui aplikasi tersebut, sedangkan pengumpulan tugas bisa melalui ketua kelas yang kemudian akan mengantarkan tugas tersebut ke meja guru yang bersangkutan di sekolah. terdapat pelajar yang belum mempunyai Hp, kurangnya pemahaman pelajar mengenai materi yang dibahas, tugas yang menumpuk, kebiasaan bergadang pelajar, kejujuran pelajar mengenai kebutuhan kuota. Sedangkan solusinya adalah bagi yang belum mempunyai hp akan meminjam kepada tetangga atau teman, mengerjakan tugas semampunya, perbanyak membaca buku yang berkaitan dengan materi, dan kemudian bisa juga berupa ancaman bagi pelajar yang tidak mengikuti pembelajaran dikarekan terlalu banyak bergadang dan tidak jujur akan kebutuhan kuota untuk mengikuti pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Via Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:30
Last Modified: 25 Mar 2022 07:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8107

Actions (login required)

View Item View Item