PRASETYA, AGUNG (2022) MANAJEMEN TOKO HENDRA COLLECTION DI PASAR TRADISIONAL DAN MODERN (PTM) KOTA BENGKULU DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
AGUNG PRASETYA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen Toko Hendra Collection di PTM Kota Bengkulu pasca musibah kebakaran dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap manajemen toko tersebut. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian langsung di lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Manajemen Toko Hendra Collection di PTM Kota Bengkulu pasca musibah kebakaran, meliputi: a) Perencanaan yang matang tentang perekrutan dan pelatihan SDM sebagai kepala toko dan pramuniaga, memberikan pelayanan dengan konsep 7S (salam, senyum, sapa, sopan, santun, siap dan siaga), harga jual produk sedikit lebih murah dibandingkan toko lain tetapi tetap menjaga kualitas barang, promosi produk dengan spanduk, pemberian diskon dan posting di sosial media, dan penentuan lokasi toko yang strategis; b) Pengorganisasian terhadap SDM toko dalam pembagian tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk pemilik toko, kepala toko dan karyawan, juga pengorganisasian terhadap sistem pelayanan toko, harga produk toko dan strategi pemasaran; c) Pelaksanaan terhadap SDM dengan melakukan perekrutan dan pelatihan SDM sebagai kepala toko dan pramuniaga dalam memberikan pelayanan yang prima, pengadaan produk-produk toko yang berkualitas dan promosi lewat spanduk dan media sosial; dan d) Pengawasan terhadap kinerja kepala toko dan pramuniaga serta mengadakan evaluasi terhadap omzet toko dengan para karyawan setiap tiga bulan sekali; 2) Tinjauan ekonomi Islam terhadap manajemen Toko Hendra Collection di PTM Kota Bengkulu pasca musibah kebakaran yaitu bahwa proses manajemen yang dilakukan adalah terhadap produk, harga produk, lokasi, dan promosi produk toko. Produk yang dijual di Toko Hendra Collection sudah cukup baik karena sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu dalam mengenalkan produknya kepada calon konsumen tidak ada unsur tipu-menipu serta menjelaskan langsung berapa harga produk yang ingin dibeli oleh calon konsumen tersebut. Dalam menetapkan suatu harga produk, Toko Hendra Collection tidak berbeda jauh dengan harga produk yang dimiliki oleh saingan bisnisnya yang berkisar antara 15% sampai 25%. Hal ini telah sesuai dengan salah satu prinsip ekonomi Islam yaitu keadilan dan keseimbangan dalam berniaga. Kegiatan memasarkan produk Toko Hendra Collection telah menerapkan salah satu prinsip ekonomi Islam yaitu mencari dan mengelola apa yang ada di muka bumi, dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana dalam mempromosikan produknya. Sedangkan pemilihan lokasi Toko Hendra Collection adalah di PTM Kota Bengkulu yang terletak di pusat kota juga masih dekat sekitar permukiman warga dengan menyediakan tempat yang bersih dan cukup nyaman bagi para konsumennya, juga tempat parkir yang luas sehingga konsumen tidak akan kesulitan ketika ingin menaruh kendaraannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pasar Tradisional dan Modern, Ekonomi Islam. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:06 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 03:06 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8111 |
Actions (login required)
View Item |