POLA BIMBINGAN ORANG TUA PADA PENERAPAN BELAJAR DI RUMAH MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 79 KOTA BENGKULU

Fitrianingsih, Hesti (2022) POLA BIMBINGAN ORANG TUA PADA PENERAPAN BELAJAR DI RUMAH MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 79 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
8. SKRIPSI HESTI FITRININGSIH NIM 1711240095.pdf

Download (5MB)

Abstract

POLA BIMBINGAN ORANG TUA PADA PENERAPAN BELAJAR DI RUMAH MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 79 KOTA BENGKULU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan orang tua pada pembelajaran di rumah secara daring di masa pandemi Covid-19 serta mengetahui faktor kendala dalam pembelajaran daring di SDN 79 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan pola bimbingan orang tua pada pembelajaran di rumah secara daring masa pandemi Covid-19 serta faktor kendala dalam penerapan pembelajaran dirumah di SDN 79 Kota Bengkulu. Subyek penelitian ini adalah hasil wawancara dengan informan dari SDN 79 Kota Bengkulu, yakni Kepala Sekolah 1 orang, guru kelas satu 5 orang, guru kelas dua 5 orang, guru kelas tiga 5 orang, wali kelas satu 4 orang, wali kelas dua 4 orang, wali kelas tiga 5 orang, guru selain guru kelas 5 orang dan 15 orang tua siswa dari kelas I-III serta 15 siswa di kelas I-III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN 79 Kota Bengkulu telah menerapkan pembelajaran di rumah untuk mengupayakan proses pembelajaran dapat terlaksana di masa pandemi Covid-19, bimbingan orang tua dalam pembelajaran tersebut yaitu: orang tua menyediakan fasilitas belajar, mengawasi anak belajar dirumah, mengawasi waktu belajar dirumah, mengetahui kesulitan anak dalam belajar dirumah, dan menolong anak dalam mengatasi kesulitan dalam belajar. Berikut faktor kendala dalam pembelajaran daring di SDN 79 Kota Bengkulu: faktor kendala pada penerapan pembalajaran dirumah secara daring yang dialami oleh para guru, siswa dalam pembelajaran daring yaitu kurang kondusif, pelaksanaan pembelajaran di rumah masa pandemi, sulitnya mengukur pencapaian pembelajaran, sulit memastikan apakah itu murni hasil kerja siswa dan masalah media seperti tidak semua siswa memiliki HP Android atau laptop dan kuota internet, terdapat gangguan sinyal atau susah sinyal, tidak bisa bertatap muka langsung yang menyebabkan siswa kurang memahami penjelasan dari materi yang disampaikan, sulit mengerjakan soal yang diberikan dan kurang antusias dalam mengikuti proses dalam pembelajaran daring. Dan kendala yang dialami orang tua siswa yaitu kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi pelajaran, keterbatasan waktu orang tua dalam membimbing anak pada pembelajaran dirumah serta keterbatasan pemahaman orang tua untuk membimbing anak dan orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak pada penerapan pembelajaran dirumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua Masa Pandemi Covid-19, Pembelajaran Di Rumah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 19 Apr 2022 00:55
Last Modified: 19 Apr 2022 00:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8250

Actions (login required)

View Item View Item